SELAMAT DATANG |
BANGKIT DARI MATISURI
  • Wed 20 July 2016
  • Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minu
  • 303

Kondisi PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong masalalu.

Pemekaran Daerah di era reformasi ini terjadi di seluruh nusantara, demikian pula halnya dengan Kabupaten Rejang Lebong terjadi pemekaran salah satunya menjadi Kabupaten Lebong.

Efek samping dari pemisahan wilayah adalah berdirinya kelembagaan pengelola pelayanan air minum di Kabupaten Lebong dalam bentuk Unit Pengelola Teknik Daerah (UPTD) yang berada dibawah Dinas Pekerjaan Umum.

Pada tanggal 31 Oktober 2007  dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lebong no 19 tahun 2007 didirikan  PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong. Pada awal pendirian PDAM Tirta Tebo Emas mengalami berbagai permasalahan serius , yaitu :

  1. Kesulitan likwiditas yang disebabkan oleh rendahnya tingkat pengumpulan piutang , efek selanjutnya adalah gaji karyawan tidak terbayar untuk kurun waktu 9 bulan, namun karyawan masih memiliki rasa tanggung jawab untuk secara bersama memperbaiki keadaaan dengan prinsip perlahan namun pasti aka nada perubahan.
  2. Sistem manajemen yang kurang baik, karena belum memiliki pengalaman dalam pengelolaan pelayanan air minum.
  3. Tarif pelayanan yang masih sangat rendah .
  4. Kehilangan air yang sangat tinggi karena sebagian besar jaringan perpipaan Distribusi telah berusia tua , serta tindakan masyarakat mencuri air dengan merusak jaringan perpipaan.
  5. Kurangnya dukungan dana dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong , guna melakukan perbaikan system teknik secara keseluruhan

Pada kondisi tersebut Karyawan PDAM Tirta Tebo Emas benar-benar mendapat ujian yang sangat berat karena harus terus memeberikan pelayanan air minum kepada masyarakat, sementara ekonomi keluarga mengalami kesulitan karena tidak menerima gaji selama Sembilan bulan.

Permasalah tersebut jelas berakibat rendahnya kinerja perusahaan pendapatan PDAM Tirta Tebo Emas (TTE)

PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong. Tetapi pada saat terpisah dari dinas PU permasalahan baru mulai, karena mengalami krisis keuangan yang menyebabkan karyawan PDAM TTE tidak gajian selama 9 bulan, bahkanburuknya managemen di semua bagian sampai ke pelayanan terhadap masyarakat. kemudian juga kurangnya dukungan pemerintah terhadap bantuan dan penyertaan modal untuk PDAM TTE tersebut. sementara itu juga banyaknya kebocoran  pipa yang di sebapkan oleh ulah masyarakat yang mencuri air bahkan kebocoran akibat Pipa Transmisi dan distribusi yang sudah termakan usia.hal ini yang sangat mempengaruhi kinerja dan pendapatan, kemudian tarif dasar untuk tagihan rekening masih sangat rendah di PDAM TTE.

LANGKAH- LANGKAH MENUJU PERBAIKAN

Menyadari perusahaan pelayanan air minum merupakan perusahaan yang memiliki waktu hidup yang panjang, maka manajemen  dan karyawan PDAM TTE secara bersama  memulai  langkah perbaikan manajemen yang dilakukan secara bertahap , sesuai dengan kemampuan keuangan dan SDM PDAM TTE yang ada, langkah-langkah yang dilakukan adalah :

  1. Menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu
  2. Menekan tingkat kehilangan air serendah mungkin , manajemen menyadari bahwa air yang hilang adalah air yang telah diolah artinya didalamnya terdapat biaya-biaya pengolahan namun tidak menjadi pendapatan bagi PDAM TTE
  3. Mempermudah pendaftaran sambungan baru, hal ini dilakukan untuk menekan illegal conection
  4. Penertiban secara tegas dan kontinyu terhadap illegal
  5. Mengenakan sanksi tegas kepada pelanggan yang menunggak pembayaran melebihi kurun waktu 3 bulan serta melakukan penagihan langsung dari rumah kerumah, hal ini dilakukan untuk meningkatkan collecting piutang,
  6. Penyesuaian tarif dasar pelayanan air minum.

 

KONDISI TERKINI PDAM TIRTA TEBO EMAS

Berkat rasa tanggung jawab yang besar serta dedikasi yang tinggi dari seluruh jajaran PDAM TTE, maka  Puji Syukur Alhamdulillah,  kini PDAM TTE Kabupaten Lebong, secara perlahan tetapi pasti Bangkit Dari Matisuri” dan mulai melakukan pembenahan terhadap system teknik, manajemen dan pelayanan yang baru dapat dilakukan setelah adanya peningkatan pendapatan melalui 6 langkah strategis sebagaimana diungkap diatas.

Yang lebih menggembirakan adalah berkurangnya secara drastis complain dari pelanggan, karena complain merupakan indicator terhadap buruknya pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan, saat ini memang PDAM TTE belum bersatatus sehat, namun dengan kebersamaan seluruh karyawan dan Direksi, dalam waktu tidak terlalu lama akan menjadi PDAM yang Sehat.

 

CAKUPAN PELAYANAN

Sampai dengan saaat ini PDAM TTE baru mampu melayani 28.266 jiwa equivalent dengan   25,04% dari jumlah penduduk sebanyak 112.861 jiwa. Sedangkan penduduk di wilayah tehnis yang terlayani sebanyak 28.866 jiwa atau 31,90% dari jumlah penduduk yang ada jaringan pipa PDAM  86,108 jiwa. Cakupan pelayanan masih di bawah target RPJMN sebesar 63,5% jiwa. Dikarnakan PDAM mengalami kesulitan dalam melakukan pemasangan sambungan – sambungan baru, serta keterbatasan dana PDAM dan kemampuan ekonomi calon pelanggan baru.

Untuk menambah cakupan pelayanan memerlukan biaya investasi yang besar untuk itu PDAM TTE Kabupaten Lebong , masih sangat membutuhkan uluran tangan dari seluruh stakeholder pengelolaan pelayanan air minum baik tingkat daerah maupun pusat.

 

 

STRATEGI PDAM TTE DALAM MELAYANI MASYARAKAT

Pembenahan dan perbaikan di PDAM TTE terus berlanjut tentu disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki perusahaan, kekompakan , kebersamaan dalam internal perusahaan belumlah cukup, karena masih diperlukan strategi yang tepat, untuk itu telah ditetapkan strategi lanjutan untuk memperbaiki kinerja perusahaan , berikut strateginya :

 

Perbaikan image PDAM dimata pelanggan

 

Image adalah kepercayaan dan ini sangat sulit diperoleh dari masyarakat pelanggan , oleh karena itu motto yang utama dalam memperolehkepercayaan masyarakat adalah memberikan pelayanan yang lebih baik, yang terbaik dan selalu bernggapan bahwa pelayanan PDAM TTE kepada masyarakat pelanggan belum sepenuhnya sempurna

Pada dasarnya ketika PDAM TTE melakukan perbaikan pelayanan kepada pelanggan, pada saat itu pula  PDAM TTE sedang memperbaiki dirinya sendiri untuk menyehatkan kinerja perusahaannya.

 

Layanan Prima

 

Layanan prima wajib diterapkan di PDAM TTE, karena layanan prima akan berimplikasi pada penambahan pelanggan baru berarti menambah jaringan perpipaan yang sebagian biayanya ditanggung oleh calon pelanggan (bea pasang baru).

 

Peningkatan efektifitas dan efisinsi penagihan

 

Sumber dana utama untuk operasional PDAM TTE adalah pembayaran pelanggan, oleh karena itu perlu dilakukan program yang terkait dengan efektifitas dan efesiensi penagihan pelanggan, penderitaan masa lalu yang dialami PDAM TTE. Pada awal pendirian salah satu penyebabnya adalah rendahnya tingkat pengumpulan piutang pelanggan.

 

Mempersiapkan Sumber Daya Manusia 

PDAM adalah kelembagaan yang memberikan pelayanan air minum bagi masyarakat, operasional perusahaan sepenuhnya dilakukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM), oleh karena itu untuk mempertahankan keberlanjutan pelayanan air minum di Kabupaten Lebong PDAM TTE sangat memerlukan SDM yang kompeten serta berdedikasi dlam melaksanakan tugas-tugasnya.

SEBELUM MENGUNAKAN Info Air Minum

Sebagai sebuah perusahaan PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong wajib memiliki system administrasi yang seuai dengan standar yang dibutuhkan sesuai dengan pola operasional perusahaan akhir dari system adminitrasi adalah laporan manajemen yang dibuat secara periodic, laporan manajemen meliputi :

  • Laporan manajemen Bagian Adminitrasi dan Personalia
  • Laporan manajemen Bagian Teknik
  • Laporan manajemen Bagian Hubungan Langganan

Didalam laporan manajemen Bagian Administrasi dan Personalia terdapat laporan keuangan, yang sangat diperlukan untuk membuat keputusan manajemen terkait dengan perbaikan kondisi keuangan perusahaan.

Laporan keuangan PDAM TTE sepenuhnya menganut pada ketentuan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP),  dalam menyusun laporan keuangan PDAM TTE beberapa waktu yang lalu menggunakan system sesuai saran BPKP secara manual yaitu catat seluruh transaksi keuangan selanjutnya dilakukan inputing kedalam program, sehingga  dari segi waktu pengerjaan kuran efesien.

 

SETELAH MENGUNAKAN Info Air Minum

Berkaca pada demo supir taxi di Jakarta yang ditayangkan dimedia kaca secara nasional, karena munculnya taxi yang berbasis system Informasi Teknologi (IT), pada akhirnya dimana menjadikan taxi konvensional kalah bersaing, maka PDAM TTE memandang perlu menerapkan system IT untuk membuat seluruh laporan manajemen secara terintegrasi, pilihan yang dinilai tepat untuk menjawab tantangan tersebut terjawab dengan menggunakan System Info Air Minum, yang disediakan oleh Direktorat Sistim Pengembangan Air Minum (Dit.SPAM), berbagai keuntungan dan kemudahan yang diberikan oleh system IT Info Air Minum, diantaranya :

  • Penggunaan dan pelatihan dapat diperoleh dengan gratis, ini sejalan dengan kondisi keuangan PDAM TTE yang sedang mengalami kesulitan likwiditas.
  • System Info Air Minum dibuat secara terintegrasi, antara laporan keuangan, penilaian kinerja serta analisa-analisa keuangan yang diperlukan dilampiri dengan keputusan-keputusan yang diperlukan untuk memperbaiki kinerja keuangan dan perusahaan.
  • Entry data untuk menyusun laporan keuangan dilakukan cukup satu kali, karena entry dilakukan bersamaan dengan pencatatan dalam buku-buku harian yang standar digunakan di PDAM, yaitu : Buku Kas, Buku Bank, Daftar Vaucher Untuk Dibayar (DVUD), Jurnal Umum (JU), sementara DRD memang tidak dibuat oleh unit kerja keuangan, sehingga pencatatan atas pendapatan dan piutang dilakukan berdasarkan hasil rekapitulasi DRD yang dibuat oleh Unit Kerja Hubungan Pelanggan

Setelah entry data dilakukan secara otomatis data tersebut diolah oleh program Info Air Minum untuk menjadi laporan keuangan yang terdiri dari :

  • Neraca
  • Laporan laba rugi
  • Laporan Arus Kas

Seluruh laporan keuangan tersebut disajikan dalam versi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dan disajikan pula dalam versi Keputusan Menteri Negara Otonomi Daerah no. 8 tahun 2000, tentang Pedoman Akuntansi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

 

TANGGAPAN DIREKTUR  PDAM TTE

Menanggapi adanya program IT Info Air Minum yang dibuat secara terintegrasi, Direktur PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong , yang sedang berjuang keras untuk meningkatkan kinerja PDAM TTE dengan kiat-kiatnya yang sederhana tetapi tepat sasaran.

Berikut data pribadi Direktur PDAM TTE :

Nama                    : Drs. SOPIAN RAZIK, S.Sos.

Tmpt/Tgl Lahir   :Lebong Selatan, 30 April 1964.

Alamat                                  : Kelurahan Topos, Kecamatan Toptos, Kabupaten  Lebong .

Jabatan                : Direktur PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong.

 

 

Menurut saya, dengan hadirnya aplikasi Info Air Minum ini, sangat membantu dalam menyelesaikan laporan laporan di perusahaan ( PDAM TTE ), baik laporan Keuangan, SDM dan Tehnik, di situ saya bisa melihat langsung laporan tinggal buka aplikasi di perangkat laptop yang terkoneksi dengan internet dapat mengontrol semua laporan tersebut. Hal ini sangat membantu terutama bilamana sedang melakukan tugas / kegiatan di luar kota yang menyangkut PDAM, walaupun dari jarak jauh control terhadap laporan dapat dilakukan melalui Laptop, tidak lagi berat-berat membawa laporan dalam bentuk buku yang cukup merepotkan dan tidak efesien.

Aplikasi Info Air Minum juga membantu meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap karyawan di PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong

Pesan Direktur Untuk Info Air Minum

Saya mengharapkan agar semua pihak yang tekait yang melahirkan Aplikasi Info Air Minum ini, hasil akhir aplikasi sinkron dengan standar laporan keuangan BPKP. Dengan demikian pada setiap akhir tahun laporan ini  dapat digunakan sebagai dasar di Audit kinerja BPKP dan pihak yang terkait lainnya yang berwenang melakukan audit terhadap PDAM TTE.

Disamping itu laporan juga dapat digunakan sebagai bahan paparan dan penjelasan kepada  Badan Pengawas dan Bupati Lebong selaku pemilik perusahaan.

 

 

 

Kesan dan Saran

Sejauh ini belum ada kritikan, karena penggunaan Aplikasi Info Air Minum masih terlalu dini yang diperlukan adalah kemudahan dalam mengatasi permasalah bilamana suatu saat ditemui adanya  kesulitan atau kesalahan dalam proses inputing data.

AKHIRUL KATA

Mengelola perusahaan apapun usahanya bukanlah hal yang mudah, namun demikian wajib bagi pengelola perusahaan apapun posisinya untuk mencari solusi terbaik dalam rangka mengurangi beban kesulitan, dalam arti selalu berupaya mencari jalan untuk kemudahan dalam bekerja, itulah mengapa PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong memilih menggunakan Info Air Minum, silahkan rekan-rekan PDAM mengikuti jejak kami untuk kemudahan kerja sehari-hari.

BRAVO Info Air Minum.