SELAMAT DATANG |
CARA GAMPANG PAKAI INFO AIR MINUM

 

PDAM Tirta Kampar terletak di Kabupaten Kampar Propinsi Riau berjarak 60 km dari Kota Pekanbaru Sesuai dengan Surat Keputusan bersama Menteri Pekerjaan Umum No.03 Tahun 1984 mengelola saranapenyediaan air bersih yang telah berfungsi, dibentuk Badan Pengelola Air Minum.Pada Tahun 1998 dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No.16/Kpts/1988 tanggal 11 Januari 1988 dibentuk Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Bersih (BPSAB).

 

Pada Tahun 1992 dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Bo.759/Kpts/1992 pengelolaan penyedia sarana air bersih yang ada di DATI I Provinsi Riau diserahkan dari Departemen Pekerjaan Umum kepada Pemerintah Daerah Tingkat I Riau. Selanjutnya dari TK.I Riau pengelolaan sarana air bersih yang ada di DATI II Kampar diserahkan kepada Pemda DATI II sesuai dengan Keputusan Gubernur No.Kpts.II/I/93 pada Tanggal 09 Januari 1993.

 

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kampar dibentuk berdasarkan SK Gubernur No.Kpts./II/I/1993 tanggal 09 Januari 1993 dan Peraturan Daerah Kabupaten Kampar No. 08 Tahun 1992. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kampar pada awalnya sudah melayani penyediaan air bersih dalam 4 kota yaitu, Air Tiris, Lipat Kain dan Ujung Batu dengan kapasitas terpasang 45 l/dt, dengan jumlah pelanggan 700 sambungan rumah.  

 

Visi

Visi PDAM Tirta Kampar akan mampu membentuk suatu filosofi  perusahaan yang mendasar dan diyakini sebagai panutan bagi karyawan dan jajaran manajemen. Untuk membantu arah pengembangan perusahaan yang akan datang perlu ditentukan visi dari PDAM Tirta Kampar yaitu : ” Menjadikan PDAM Tita Kampar sebagai Sumber Air Bersih Masyarakat yang Mandiri dan Ekonomis dengan Tetap Mengutamakan Aspek Sosial”.

 

Misi

Misi yang diemban oleh PDAM Tirta Kampar dalam rangka mewujudkan visi, berasal dari rangkaian analisa faktor internal dan eksternal perusahaan. Dengan memahami adanya berbagai faktor kekuatan yang dimiliki oleh PDAM Tirta Kampar dan menyadari bahwa masih ada beberapa kelemahan dalam tubuh perusahaan serta mampu melihat adanya berbagai kemungkinan peluang namun tetap waspada akan adanya ancaman maka arah dan sasaran yang telah direncanakan dapat dicapai dengan hasil sukses. Bertitik tolak dari visi tersebut maka misi yang diemban oleh PDAM Tirta Kampar adalah :

  1. Untuk melakukan terhadap perbaikan Administrasi Perusahaan
  2. Meningkatkan Sistem Pengelolaan Keuangan Perusahaan
  3. Melakukan Optimalisasi Operasional Usaha secara Efektif dan Efisien.

 

Ibu Kota Kabupaten Kampar berpusat di Bangkinang yang berjarak lebih kurang 61 KM dari Kota Pekanbaru dan terbagi  dalam 21 Kecamatan, adapun 21 Kecamatan tersebut adalah Kecamatan XIII Koto Kampar, Kecamatan Tapung Hulu, Kecamatan Kampar Kiri , Kecamatan Siak Hulu, Kecamatan Tapung Hilir, Kecamatan Tapung, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kecamatan Tambang, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kecamatan Gunung Sahilan, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kecamatan Kuok, Kecamatan Salo, Kecamatan Perhentian Raja, Kecamatan Kampar, Kecamatan, Kecamatan Bangkinang Kota, Kecamatan Bangkinang SEberang, Kecamatan Kampar Timur, Kecamatan Kampar Utara dan Kecamatan Koto Kampar Hulu.

Kabupaten Kampar  terletak antara 01000’40” Lintang Utara sampai 00027’00” Lintang Selatan dan 100028’30” – 101014’30” Bujur Timur. Batas-batas daerah Kabupaten Kampar adalah sebagai berikut :

- Sebelah Utara berbatasan dengan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak.

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kuantan Singingi.    

-              Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu dan Propinsi Sumatera Barat.            

- Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak.

 

Luas Wilayah Kabupaten Kampar saat ini kurang lebih 11.289.28 KM² atau ±11,62 % dari luas wilayah propinsi riau. Dari 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar, Kecamatan Tapung merupkan yang memiliki wilayah terluas yakni 1.365.98 KM² (12,10%) sedangkan Kecamatan Rumbio Jaya merupakan Kecamatan dengan wilayah terkecil yaitu 76,92 KM² 

 

Di daerah Kabupaten Kampar terdapat dua buah sungai  besar dan beberapa sungai kecil yaitu Sungai    Kampar    yang    panjangnya  ± 413,5 km dengan kedalaman rata-rata 7,7  m  dengan  lebar  rata-rata  143 meter.

Seluruh  bagian  sungai  ini termasuk dalam Kabupaten Kampar yang meliputi Kecamatan XIII Koto Kampar, Bangkinang, Kuok, Kampar, Siak Hulu dan Kampar Kiri, Sungai    Siak bagian hulu yakni panjangnya ± 90 km dengan kedalaman rata-rata 8 – 12 m yang melintasi kecamatan Tapung.

Sungai-sungai besar yang terdapat di Kabupaten Kampar ini sebagian masih berfungsi baik sebagai prasarana perhubungan, sumber air bersih budi daya ikan maupun sebagai sumber energi listrik (PLTA Koto Panjang).

 

  1. Daerah Pelayanan PDAM di Kabupaten Kampar

 

Untuk saat ini tahun 2016 PDAM Tirta Kampar telah melayani 7.192 Sambungan Rumah  dengan jumlah penduduk kabupaten Kampar 728.020 jiwa, dari 21 kecamatan yang baru terlayani 11 Kecamatan, dengan Kapasitas terpasang 165 l/dt :

  1. Pusat Bangkinang (Kec. Bengkinang kota), dengan Jumlah pelanggan 2.831 Sambungan, Kapastas terpasang 40 l/dt.
  2. Unit Pelayanan Air Tiris ( Kec. Kampar) jarak dari pusat +15 km dengan jumlah pelanggan 793 sambungan, Kapastas terpasang 15 l/dt.
  3. Unit Pelayanan Taratak Buluh (Kec. Siak Hulu), jarak dari pusat + 60 km dengan jumlah pelanggan 224 Sambunngan, Kapastas terpasang 10 l/dt.
  4. Unit Pelananan Salo dan Kuok (Kec.Bangkinang Barat dan Kec. Salo, Jarak dari pusat +20 Km dengan jumlah 655 Sambungan, Kapastas terpasang 20 l/dt. 
  5. Unit Pelayanan Bangkinang Seberang (Kec. Bangkinangi) Jarak dari pusat + 8 km dengan jumlah sambungan 224 sambungan, Kapastas terpasang 10 l/dt.
  6. Unit Pelayayan Tambang (Kec. Tambangg), jarak dari pusat +30 km dengan jumlah pelanggan 555 sambungan , Kapastas terpasang 10 l/dt.
  7. Unit Pelayanan Kampar Timur (Kec. Kampar Timur) jarak dari pusat +22 km dengan jumlah pelanggan 897 sambungan, Kapastas terpasang 15 l/dt.
  8. Unit Pelayanan Tapung Hulu (Kec. Tapung Hulu) jarak dari pusat +70 km dengan jumlah pelanggan 685 sambungan, Kapastas terpasang 20 l/dt.
  9. Unit Pelayanan Kampar Kiri (Kec. Kampar) jarak dari pusat + 70 km dengan jumlah pelanggan 307 sambungan, Kapastas terpasang 10 l/dt.
  10. Kampar Utara (Rumbio Jaya) jarak dari pusat + 25 km dengan jumlah pelanggan 67 sambungan, Kapastas terpasang 10 l/dt.
  11. Unit Pelayanan Koto Kampar Hulu (Kec. Koto Kampar Hulu) jarak dari pusat +75 km dengan jumlah pelanggan 88 sambungan, Kapastas terpasang 10 l/dt.

 

  1. Cakupan Pelayanan

 

Jumlah Penduduk Kabupten Kampar saat ini adalah sesuai data statistic tahun 2015 +637.013 jiwa, sedang jumlah penduduk daerah pelayanan +371.364 jiwa,  dan jumlah penduduk yang baru terlayani  +50.344 jiwa, jadi cakupan pelayanan di PDAM Kampar untuk seluruh jumlah penduduk  7,90% sedangkan untuk jumlah penduduk daerah pelayanan baru 13,56%, untuk kebocoran di PDAM Tirta Kampar pada tahun 2015 ini 22% karena jam operasi belum 24 Jam jadi kebocoran bisa ditekan.

 

  1. Bagaimana Sistem Pembukuan PDAM Kampar

Sebelum  menggunakan Info Air Minum, system pembukuan yang dugunakan masih  manuaL, dengan menggunakan program exel dan dalam pengoperasikan exel  seorang user harus tahu fungsi formula di program exel kalau tidak tentu akan kesulitan dalam mengolah angka-angka keuangan yang banyak. Hal mengakibatkan apa bila terjadi kesalahan input data sangat sulit sekali mencari angka yang salah, apa lagi PDAM Kampar belum mampu untuk membeli program  aplikasi akuntansi yang cukup mahal.

Begitu juga dengan data SDM dan operasional Arsipnya masih manual dan apa bila ada pihak-pihak terkait yang membutuh data tersbut mencari cukup membutuhkan waktu yang lama,

 

  1. Manfaat atau kemudahan Info Air Minum

Manfaat yang diperoleh dengan mengunakan Info Air Minum antara lain :

  1. input data lebih mudah dan aman karena sudah terprogram sesuai dengan kebutuhan PDAM sehingga cepat dipahami oleh user-user di setiap bagian dan auputnya lansung dapat kita lihat saat itu juga.
  2. Pekerjaan lebih cepat diselesaikan.
  3. Mudah
  4. Input data bisa di gunanakan oleh banyak user.
  5. Data lebih aman dari virus
  6. Jika terjadi selisih atau neraca tidak balance, nilai yang selisih mudah dicari kesalahaannya

 

  1. Kondisi Setelah Memakai Info Air Minum

Kondisi pembukuan setelah menggunakan Info Air Minum adalah data yang kita peroleh lebih akurat dan aman, khusus untuk keuangan, setelah kita input data dengan benar, tinggal klik saja manajemen lansung dapat melihat dan membadingkan kondisi keuangan dan kinerja perusahaan dan ini tentu sangat membantu sekali dalam pengambilan keputusan manajemen, dan apabla ada pihak eksternal yang membutuhkan data, user dengan cepat menyelasaikannya.

 

  1. Penutup

Sebagai menutup dari Artikel ini Info Air Minum ini sangat membantu sekali dan pengelolaan data pembukuan  dan operasional uang ada di PDAM Kampar dan kami sangat mendukung pengembangan system ini,  kepada Ditpam Kementrian PU terus mengupdate system ini, sehingga  menjadi satu-satunya system yang dipakai oleh PDAM di Indonesia.