SELAMAT DATANG |
Direktur PDAM Melakukan Simulasi Peningkatan Indikator Kinerja Menggunakan Info Air Minum
  • Mon 02 October 2017
  • Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minu
  • 47

Workshop direksi menjadi wadah diskusi antar direktur PDAM terkait permasalahan-permasalahan yang sering terjadi yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan Info Air Minum sebagai alat pemantauan mandiri dan pengambil keputusan bagi direksi PDAM. Diskusi ini diikuti oleh 15 Direktur PDAM yang dibagi menjadi 3 desk diskusi dan setiap desk diskusi dibagi menjadi 2 kelompok. Setiap desk diskusi didampingi oleh ahli manajemen dan fasilitator Info Air Minum.

Untuk tingkatan manajemen, Info Air Minum memiliki 2 fitur unggulan untuk mendukung direktur untuk menjadikan Info Air Minum sebagai alat pemantauan mandiri dan pengambilan keputusan, yaitu: Analisa Perbandingan dan Simulasi Kinerja (DSS). Fitur ini sangat bermanfaatan bagi PDAM dalam menentukan strategi operasional. Fitur ini pun juga dapat dimanfaatkan oleh Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum dan PERPAMSI dan lembaga donor untuk menentukan program dan bantuan yang tepat sasaran.

Pada diskusi ini membahas tentang hasil penginputan data dari empat aspek di Info Air Minum, yaitu aspek keuangan, aspek operasional, aspek SDM, dan aspek teknis. Direksi mencoba untuk melakukan simulasi-simulasi menggunakan fitur unggulan Info Air Minum yang diharapkan pada saat direksi menemukan masalah di PDAM akan memanfaatkan fitur-fitur unggulan tersebut. Simulasi ini juga berguna untuk sebagai strategi untuk peningkatan kinerja PDAM.

Di setiap kelompok akan mengangkat topik diskusi salah satu aspek kinerja yang bermasalah dari satu PDAM sesuai kesepakatan masing-masing kelompok. Indikator kinerja ditandai dengan pewarnaan yang menandakan merah = buruk, kuning = sedang, hijau = baik. Dari indikator kinerja itulah, direksi dapat melihat potensi atau strategi apa yang bisa untuk meningkatkan indikator kinerja tersebut. Direksi bisa melakuakn simulasi dengan menaikkan atau menurunkan indikator-indikator yang angkanya masih merah. Hasil dari simulasi akan muncul indikator kinerja sebelum dan sesudah simulasi. Jadi, direksi dapat membandingkan indikator tersebut sudah mengalami peningkatan. Simulasi ini bisa disimpan dan dicetak, sehingga direksi dapat melakukan beberapa kali simulasi yang optimal dan sesampainya di PDAM masing-masing, simulasi tersebut bisa langsung di aplikasikan.