SELAMAT DATANG |
  • Mon, December 17, 2018
Mengenal Aspek Operasional - Jam Operasi Layanan
  • Tue 28 August 2018
  • Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minu
  • 36
  • Artikel

Jam  operasi  layanan  merupakan   indikator  untuk  mengukur  efisiensi  sistem  secara keseluruhan dan kaitannya dengan kontinuitas pelayanan.

Formulasi indikator jam operasi layanan adalah:

2.4.3 1

Jam Operasi Layanan

 

Waktu distribusi air ke pelanggan adalah pelayanan distribusi air yang dapat disediakan kepada pelanggan selama periode evaluasi.

 

Data jam operasi disesuaikan dengan data jam operasi pompa distribusi atau data yang tersedia  di  bagian  distribusi.  Untuk  PDAM  yang  memiliki  beberapa  sistem  pelayanan (multi system) dan jam operasi pelayanan berbeda antara masing-masing unit pelayanan maka perlu dilakukan perhitungan jam operasi pelayanan rata-rata melalui rasio bobot tertimbang.

 

  • Untuk PDAM yang memiliki sistem pelayanan tunggal (single system) maka data waktu distribusi air merupakan total jam operasi pelayanan selama periode evaluasi;
  • Untuk PDAM yang memiliki beberapa sistem pelayanan jamak (multi system) dan jam operasi pelayanan berbeda antara masing-masing unit pelayanan maka perlu dilakukan perhitungan jam operasi pelayanan rata-rata melalui rasio bobot tertimbang. Rasio bobot tertimbang untuk menghitung jam operasi pelayanan rata-rata dilakukan melalui rumus berikut:

2.4.3 2

Rasio Bobot Jam Operasi Pelayanan Rata-Rata

 

Sumber : Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja PDAM BPPSPAM Kementerian PUPR

KEGIATAN
Statistik Pengunjung
  • Statistik Hari Ini
  • Statistik Bulan Ini
  • Statistik Tahun Ini
  • : 69
  • : 1183
  • : 16606
Link Terkait