SELAMAT DATANG |
  • Mon, December 17, 2018
Mengenal Aspek Pelayanan - Kualitas Air Pelanggan
  • Tue 07 August 2018
  • Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minu
  • 21
  • Artikel

Kualitas Air Pelanggan

Kualitas air pelanggan merupakan ukuran yang digunakan untuk mengetahui apakah kualitas air yang didistribusikan oleh PDAM kepada pelanggan telah  memenuhi kuliatas air minum seperti yang ditetapkan dlalam Permenkes Nomor 492/MENKES/PER/V/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Formulasi indikator kualitas air pelanggan adalah:

2.3.4

Rumus Kualitas Air Pelanggan

Jumlah uji yang memenuhi syarat adalah banyaknya hasil uji kualitas (sampel) air di titik pelanggan yang telah memenuhi syarat kualitas air minum menurut Permenkes Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Mengingat sebagian perancangan IPA yang dimiliki SPAM-PDAM hanya dapat mengolah sebagian aspek dari fisika, dan mikrobiologis saja, sementara untuk aspek kimiawi dan radioaktif hampir seluruh SPAM-PDAM belum melengkapinya, maka pendekatan penilaian hanya untuk parameter wajib yang terdiri dari dua jenis parameter yaitu:

  1. Parameter yang LANGSUNG berhubungan dengan kesehatan yaitu:

Mikrobiologis: - E.Coli dan Total Bakteri Koliform.

Kimia Anorganik: Arsen, Fluorida, Total Kromium, Kadmium, Nitrit, Nitrat, Sianida, Selenium.

      2. Parameter yang TIDAK LANGSUNG berhubungan dengan kesehatan yaitu:

Parameter fisik, seperti: bau, warna, kekeruhan, rasa, dan suhu;

Parameter kimiawi, seperti: Alumunium, Besi, Kesadahan, Klorida, Mangan, pH, Seng, Sulfat, Tembaga, dan Amonia.

Jumlah sampel yang diuji adalah banyaknya pengambilan sampel yang harus dilakukan menurut ketentuan Permenkes Nomor 736/MENKES/PER/VI/2010.

 

Sumber : Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja BPPSPAM Kementerian PUPR

KEGIATAN
Statistik Pengunjung
  • Statistik Hari Ini
  • Statistik Bulan Ini
  • Statistik Tahun Ini
  • : 76
  • : 1187
  • : 16610
Link Terkait