SELAMAT DATANG |
METAMORFOSIS DI PDAM SUKAMARA

Sukamara merupakan Kabupaten Baru pecahan dari Kabupaten Kota Waringin Barat, dengan Luas Wilayah 3.827 Km2 dan jumlah penduduk 53.190 jiwa, terbagi dalam 2 kemcamatan , namun baru kecamatan Sukamara yang telah terlayani air minum, itupun hanya kelurahan Padang dengan 700 SR dan Kelurahan Mendawai 213 SR, 5 kelurahan lainnya belum terlayani air minum.

Pengelolaan pelayanan air minum di Kabupaten Sukamara dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sukamara yang didirikan pada tanggal 20 Nopember 2006, melalui penerbitan Perda Kabupaten Sukamara Nomor 14 Tahun 2006.

Pada awal pendirian aset PDAM Sukamara berasal dari PDAM Kotawaringin Barat, yang berlokasi di wilayah Kabupaten Sukamara, melalui berita acara serah terima nomor : 160/PDAM/XII/2006 dan Nomor : 500/563/Ex/2006 tanggal 12 Desember 2006.

Tujuan Kepala Daerah Kabupaten dalam membentuk PDAM adalah untuk :

  • Mewujudkan sistim penyediaan air minum yang memenuhi persyaratan tertib administrasi, ketentuan teknis dan kehandalan pelayanan.
  • Menghasilkan Air Minum bagi masyarakat yang memenuhi syarat kesehatan, merata dan berkesinambungan dengan harga yang terjangkau.

 

PEKERJAAN RUMAH

Masih sangat banyak pekerjaan yang harus diselesaikan PDAM Kabupaten Sukamara dalam usianya yang kesepuluh ini, terutama dalam hal cakupan pelayanan yang masih dibawah 10% dari jumlah penduduk.

Kerja keras dari seluruh jajaran PDAM Kabupaten Sukamara dan dukungan Pemda Kabupaten Sukamara, Pemprov Kalimantan Tengah dan Kementerian Pekerjaan Umum, masih sangat diperlukan.

Guna melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Bupati Kabupaten Sukamara, maka PDAM telah menetapkan VISI dan MISI , dalam memberikan pelayanan air minum dan manajemen yang akan diterapkan di perusahaan, yaitu  

Visi

Menjadi Perusahaan Air Minum Daerah yang Sehat dengan Pelayanan yang profesional sehingga melayani kebutuhan Air Minum bagi Masyarakat Kabupaten Sukamara.

 

Misi

  • Memberikan Pelayanan kepada seluruh masyarakat melalui pelayanan air minum yang berwawasan lingkungan.
  • Mewujudkan Pengolahan Keuangan Perusahaan secara mandiri melalui pendapatan dan penerimaan yang diperoleh dari masyarakat dan dikembalikan lagi kepada Masyarakat guna meningkatkan pelayanan dan penyediaan air minum secara berkesinambungan.
  • Meningkatkan Pengelolaan Kualitas, Kontinuitas, Kuantitas Air Minum yang sesuai standar Kesehatan dan Lingkungan.
  • Mewujudkan Penambahan Cakupan Pelayanan Air Minum yang disesuaikan dengan pertambahan Penduduk Kabupaten Sukamara.
  • Mengelola Perusahaan dengan “Good Corporate Govermance”.
  • Meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah Kabupaten Sukamara.

 

Tidaklah mudah untuk menggapai visi dan misi tersebut, namun mau tidak mau haruslah dilaksanakan karena sudah menjadi kesepakatan bersama.

 

KEBERUNTUNGAN 

Nampaknya keberuntungan mengiringi PDAM Sukamara, karena terpilihnya Bapak Ir. Acep Sutisna sebagai Direktur PDAM Sukamara,  melalui fit and proper test secara fair.

Selaku Direktur beliau sangat menyadari bahwa di era informasi teknologi (IT) yang semakin canggih, tidak ada satu perusahaanpun yang akan mampu memiliki sistem manajemen yang profesional tanpa dukungan IT, pada kondisi saat ini PDAM Sukamara sangat dibutuhkan keputusan manajemen yang cepat, tepat dan akurat dan itu hanya dapat dilakukan dengan menggunakan sistem IT yang canggih dan terintegrasi.

Untuk lebih jelasnya siapa Direktur PDAM Kabupaten Sukamara , berikut Biodatanya :

Nama                    :  Ir. ACEP SUTISNA

Jabatan                :  Direktur

Alamat                  :  Jl. Ali Ahmad, Kel. Mendawai Kabupaten Sukamara

Motto Hidup         : Manusia hanya mampu merencanakan , namun Sang Kholik

 

Penentunya

Kesadaran Beliau akan pentingnya informasi manajemen yang cepat tepat dan akurat, yang menyebabkan antusiasnya dalam penggunaan InfoPDAM di PDAM Kabupaten Sukamara, berikut pendapatnya tentang InfoPDAM :

  • Sangat bermanfaat bagi PDAM karena dengan adanya InfoPDAM tersebut layanan Informasi bisa terintegrasi di seluruh PDAM di Indonesia, layanan untuk Informasi kinerja antar PDAM bisa realtime, InfoPDAM juga dapat menjadi media, referensi, dan forum sharing bagi seluruh PDAM di Indonesia.
  • InfoPDAM juga membantu dalam hal pembuatan laporan keuangan secara efesien dan efektif,  karena inputing  data cukup sekali dan langsung manjadi laporan keuangan PDAM dalam 2 Versi SAK ETAP dan Laporan Keuangan versi lama.
  • Beruntunglah bagi PDAM yang memanfaatkan InfoPDAM dalam menyusun laporan-laporan manajemennya, karena sistem laporan yang terintegrasi antara laporan manajemen keuangan, manajemen teknik dan manajemen hubungan pelanggan

Nampaknya terjadi 2 kali keberuntungan di PDAM Kabupaten Sukamara, yaitu beruntung mendapat Direktur yang peduli pada pembaharuan dan Direktur pun beruntung karena mendapat sistem IT yang canggih dan terintegrasi “InfoPDAM”

 

MENGAPA PERLU PERUBAHAN

Pada dasarnya setiap saat terjadi perubahan, yang menjadi masalah pada posisi mana kita berubah, apakah berubah menjadi kurang baik ataukah berubah menjadi lebih baik.

Siapapun menghendaki perubahan menuju perbaikan, tidak mau ketinggalan PDAM Sukamara  juga melakukan perubahan diantaranya dalam penggunaan system IT untuk menyusun laporan keuangan yang  sebelum mengunakan program Sikompak , kini memasuki era system InfoPDAM, dengan pertimbangan :

  • Inputing data cukup satu kali yaitu data transaksi-transaksi buku harian yang selama ini digunakan oleh PDAM yaitu Buku Penerimaan dan Pengeluaran Kas/ Bank, Buku Daftar Voucher Untuk Dibayar (DVUD), Buku Jurnal Umum, khusus untuk buku Harian Daftar Rekening Ditagih (DRD) dan Laporan Penerimaan Penagihan (LPP), dalam proses terintegrasi dengan billing system, oleh karena itu untuk sementara ini pencatatan dalam laporan keuangan dilakukan melalui Jurnal Umum.

laporan keuangan yang dihasilkan 2 (dua) versi yaitu SAK ETAP dan Kemeneg OTDA No.8 Tahun 2000

  • Laporan –laporan manajemen bulanan dibuat secara terintegrasi
  • Telah dilengkapi dengan analisa-analisa yang diperlukan dalam pengambilan keputusan top manajemen.
  • Sistem komunikasi tersedia baik dalam InfoPDAM maupun group WA, sehingga setiap permasalahan yang muncul dalam proses penggunaan InfoPDAM dapat diatasi dalam waktu cepat.
  • InfoPDAM juga menyajikan evaluasi Kinerja PDAM
  • InfoPDAM mudah dipahami dan dimengerti, karena laporan yang di sajikan oleh sangat singkat dan jelas, dan tidak memerlukan perubahan formulir-formulir  yang selama ini digunakan.

 

SETELAH InfoPDAM

Pada awal penggunaan InfoPDAM terasa sulit dan kurang nyaman, ini lebih disebabkan oleh adanya perubahan cara kerja dari system IT lama ke System IT InfoPDAM dan manusia pada umumnya sulit untuk menerima perubahan, namun berkat dorongan Direktur PDAM Sukamara pada akhirnya seluruh staf mau dan mampu beradaptasi dengan InfoPDAM.

Ternyata sungguh diluar dugaan hasil penggunaan Info PDAM justru mempercepat pekerjaan dalam menyusun laporan-laporan manajemen bulanan, dengan hasil yang  baik serta mudah dipahami.

Description

 

PENUTUP

Sebagai kata akhir artikel ini disitir kata-kata bijak yang perlu direnungkan semua orang  “ Jangan pernah takut dengan perubahan, karena yang perlu ditakutkan adalah ketidak mauan untuk berubah yang pada akhirnya akan dilindas oleh perubahan”