SELAMAT DATANG |
Peluncuran Info Air Minum Mendukung Program Nasional 10 JUTA Sambungan Rumah
  • Wed 02 November 2016
  • Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minu
  • 239
  • Press Release

Saat ini, cakupan pelayanan air minum nasional baru mencapai 71,05%. Diperlukan berbagai langkah percepatan untuk mewujudkan universal access pada tahun 2019 melalui target penambahan 10 juta Sambungan Rumah. Pada tahun yang sama ditargetkan 100% PDAM Sehat. Berdasarkan data tahun 2015, jumlah PDAM Sehat sebanyak 196 PDAM (53%), Kurang Sehat sebanyak 100 PDAM (27%), dan Sakit sebanyak 72 PDAM (20%).

Penambahan 10 Juta sambungan rumah menjadi tantangan tersendiri bagi PDAM. Misi utama dari penambahan sambungan rumah adalah perluasan cakupan pelayanan. Tetapi tentunya penambahan SR ini harus dievaluasi tidak hanya dari sisi kelayakan teknis, tetapi juga dari sisi keuangan, mengingat PDAM adalah perusahaan yang harus menyisihkan laba untuk menjaga keberlangsungan operasionalnya. Sementara penambahan sambungan rumah oleh PDAM tidak selalu berdampak pada peningkatan pendapatan, mengingat cukup banyak pelanggan PDAM yang berada pada golongan tariff disubsidi (non-Full Cost Recovery). Untuk itu diperlukan pemantauan dan evaluasi oleh PDAM, apakah penambahan sambungan rumah di PDAM berdampak pada kinerja PDAM.

Disisi lain, baik Pemerintah, pemerintah daerah, maupun lembaga donor, perlu melakukan pemantauan dan evaluasi, untuk mengetahui tingkat keefektifan bantuan yang diberikan kepada PDAM. Untuk itu, diperlukan sebuah tool/aplikasi yang memudahkan Pemerintah, pemerintah daerah, lembaga donor, dan PDAM untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja PDAM.

Pemerintah hadir dengan sebuah terobosan, Info Air Minum (www.infoairminum.com), suatu aplikasi yang efisien dan terintegrasi, dengan biaya investasi rendah, yang mampu menghasilkan analisa kinerja PDAM setiap bulan secara cepat dan tepat berdasarkan data operasional harian dan bulanan PDAM.

Dengan menggunakan Info Air Minum, setiap pengguna dapat mengetahui hasil analisa kinerja secara mandiri setiap bulan serta melakukan simulasi kinerja dan analisa lainnya untuk menentukan strategi peningkatan kinerja pada bulan-bulan berikutnya.

Info Air Minum memudahkan direksi PDAM untuk memantau kinerja PDAM dan menjalankan perusahaan dengan memanfaatkan informasi yang terintegrasi. Dengan menggunakan Info Air Minum, PDAM juga dapat melakukan simulasi kinerja sehingga memudahkan direksi dalam pengambilan keputusan dan menentukan strategi optimalisasi pendapatan dan efisiensi biaya.

Info air minum menjadi solusi tepat bagi PDAM dalam upayanya mendukung pencapaian 10 juta SR, dengan memantau peningkatan kinerjanya secara berkala, dimana saja dan kapan saja.