SELAMAT DATANG |
  • Mon, December 17, 2018
Pengenalan Info Air Minum di Workshop User Penerapan Info Air Minum 2018
  • Wed 15 August 2018
  • Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minu
  • 60
  • Kegiatan

Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum mengadakan Workshop Pengguna (User) Penerapan Info Air Minum. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14-16 Agustus 2018 di Pranaya Hotel, Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan ini dalam rangka pengenalan tata cara penggunaan dan input data Info Air Minum bagi pengguna (user) keuangan dan pengguna (user) PDAM yang telah menyampaikan peminatan pemanfaatan Info Air Minum. Workshop ini diikuti oleh 40 peserta dari 20 PDAM.

Workshop Pengguna (User) Penerapan Info Air Minum dibuka oleh Kepala Seksi Kelembagaan, Riche Noviasari, ST, M.Eng.Sc, mewakili Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. Melalui  sambutannya, Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum menyampaikan bahwa Info Air Minum merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah dalam mendukung peningkatan kinerja penyelenggara SPAM, dalam hal ini PDAM. Info Air Minum merupakan aplikasi berbasis web yang hadir untuk memberikan solusi bagi kebutuhan PDAM untuk melakukan penilaian mandiri terhadap kinerja PDAM, dan menyajikan data internal untuk mendukung pengambilan keputusan bagi direksi PDAM.

 DSC02369

Sambutan Pembukaan oleh Riche Noviasari, ST., M.Eng.Sc

Info Air Minum merupakan tool atau alat bantu yang dapat digunakan oleh PDAM untuk meningkatkan kinerja keuangan, operasional, pelayanan, dan sumber daya manusia di PDAM, serta sebagai alat bantu pemantauan kinerja PDAM secara mandiri, sekaligus juga sebagai alat bantu bagi pengambilan keputusan dan penentuan strategi pengelolaan PDAM. Info Air Minum dapat digunakan oleh seluruh PDAM di Indonesia secara gratis, tidak berbayar. Namun, meskipun ini diberikan secara gratis, jangan dibayangkan ini aplikasi yang sekedarnya.

Selanjutnya, sesi Pengenalan Info Air Minum disampaikan oleh Dian Suci Hastuti, ST, M.Sc dari Direktorat Pengembangan SPAM dan Fachri Djuri, S.Kom., M.Kom, selaku Tim Pengembangan Info Air Minum. Dian menyampaikan bahwa selain sebagai alat penilaian kinerja mandiri dan pengambilan keputusan, Info Air Minum juga memberikan kemudahan bagi PDAM  dalam melakukan kegiatan operasional PDAM, diantaranya penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK-ETAP, penyusunan laporan bulanan PDAM, serta sebagai database pegawai yang dilengkapi dengan profil pegawai, riwayat pendidikan, riwayat jabatan, penilaian kinerja PDAM, serta usulan pelatihan.

DSC02444

Pengenalan Info AIr Minum oleh Dian Suci Hastuti, ST., M.Sc.

Selanjutnya, Fachri menyampaikan tentang penggunaan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat dan menawarkan berbagai kemudahan dalam kehidupan kita. Teknologi informasi telah banyak digunakan di berbagai BUMN/BUMD di Indonesia, seperti PLN, PGN, dan PDAM. Namun demikian, implementasi teknologi informasi membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Info Air Minum hadir untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan teknologi informasi bagi PDAM. Fachri menjelaskan berbagai fitur yang dimiliki Info Air Minum, diantaranya keuangan, SDM, hublang, teknis, kinerja PDAM, dokumen, forum, dan lain-lain. Fachri menyoroti tentang fitur forum, yang dapat dimanfaatkan sebagai media sosial untuk berbagi informasi diantara para pengguna Info Air Minum.

DSC02528

Manfaat Penggunaan Teknologi Informasi oleh Fachri Djuri, S.Kom., M. Kom

Pada akhir sesi hari pertama, disampaikan mekanisme kegiatan workshop yang akan berlangsung selama tiga hari hingga 16 Agustus 2018 mendatang. Sesi ini disampaikan oleh Agung selaku Tim Penerapan Info Air Minum pada tahun anggaran 2018 ini. Pada hari kedua, peserta akan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas keuangan dan kelas SDM, dan pada hari ketiga akan dilakukan evaluasi dan penutupan.

KEGIATAN
Statistik Pengunjung
  • Statistik Hari Ini
  • Statistik Bulan Ini
  • Statistik Tahun Ini
  • : 76
  • : 1187
  • : 16610
Link Terkait