SELAMAT DATANG |
Workshop Direksi untuk Pemanfaatan Info Air Minum
  • Wed 27 September 2017
  • Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minu
  • 32
  • Kegiatan

Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum mengadakan kegiatan Workshop Direksi untuk Pemanfaatan Info Air Minum. Acara ini diselenggarakan di Veranda Hotel, Jakarta pada tanggal 26-28 September 2017. Workshop Direksi ini adalah serangkaian kegiatan Pendampingan Pemanfaatan Info Air Minum yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada direksi tentang pemanfaatan Info Air Minum bagi PDAM serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya data dalam pengambilan keputusan. Workhsop ini diikuti oleh 18 Direktur PDAM dampingan tahun 2017.

Sambutan pembukaan Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum yang dibacakan oleh Kasubdit Standarisasi dan Kelembagaan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, Ir. Susi MDS Simanjuntak, MT. Susi menyampaikan aplikasi Info Air Minum ini dikembangkan untuk dapat digunakan sebagai tool bagi manajemen PDAM dalam melakukan pemantauan mandiri terhadap kinerja PDAM, yang pada akhirnya diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan pengambilan keputusan. Hal ini mengingat bahwa pengelolaan PDAM yang tepat, baik dalam aspek keuangan, operasional, pelayanan, maupun sumber daya manusia, sangat penting untuk mewujudkan pelayanan air minum yang menjamin 4K (kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan).

“Meskipun ini diberikan secara gratis, jangan dibayangkan ini aplikasi yang sekedarnya.”, tutur Susi. Info air minum merupakan aplikasi berbasis web, dan real time. Melihat keunggulan dan manfaat teknologi informasi khususnya bagi PDAM, Dit. PSPAM melakukan terobosan membuat sebuah aplikasi yang dinamakan Info Air Minum, untuk mendukung operasional PDAM sekaligus membantu memantau kinerja pdam secara mandiri. Info Air Minum dapat digunakan oleh seluruh PDAM di Indonesia secara gratis, tidak berbayar.

Info Air Minum akan terus berkembang seiring dengan perkembangan pemanfaatannya dan kebutuhan, baik untuk PDAM maupun untuk Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. Pada tahun 2018 yang akan datang direncanakan akan ada penambahan modul, yaitu Modul Evaluasi Program dan Kinerja Menggunakan Info Air Minum, serta peningkatan pemanfaatan Info Air Minum dan pada tahun 2019, diharapkan sebagian besar PDAM sudah menggunakan dan memanfaatkan Info Air Minum, sehingga pemanfaatan Info Air Minum ini akan menjadi readiness criteria bagi daerah dalam mengusulkan dukungan APBN untuk pengembangan pelayanan air minum.